Ruang lingkup E Business
Ruang Lingkup E Bussiness: Dijelaskan dengan Prinsip (4 W) Yaitu: What, Where, Who dan Why.
- What
- 2. Where
- 3. Who
- 4. Why
1. What
Secara prinsip pengertian E Business jauh lebih luas dibandingkan
dengan E Commerce, bahkan secara filosofis, E Commerce merupakan bagian
dari E Bussiness. Jika E Commerce hanya memfokuskan diri pada aktivitas
atau mekanisme transaksi yang dilakukan secara elektronik/digital, E
Bussiness memiliki wilayah yang jauh lebih luas, termasuk di dalamnya
aktivitas relasi antara dua entiti perusahaan, interaksi antara
perusahaan dengan pelanggannya, kolaborasi antara perusahaan dengan para
mitra bisnisnya, pertukaran informasi antara perusahaan dengan para
pesaing usahanya, dan lain sebagainya.
2. Where
E Bussiness dilakukan dimana saja, sejauh pihak yang berkepentingan
memiliki fasilitas elektronik/digital sebagai kanal akses (access
channel). Berbeda dengan bisnis konvensional dimana transaksi biasa
dilakukan secara fisik di sekitar perusahaan dengan akses dan variasi
transaksi yang terbatas.
3. Who Siapa
saja yang melakukan E Bisnis. Klasifikasi entiti yang kerap
dipergunakan dalam mengilustrasikan eBusiness, masing-masing: Agent,
Business, Consumer, Device, Employee, Family, dan Government. Contohnya
adalah sebuah aplikasi tipe eCommerce B-to-C yang merupakan mekanisme
hubungan perdagangan antara sebuah perusahaan dengan para pelanggannya
(end consumersnya); atau tipe G-to-G yang menghubungkan dua buah negara
untuk permasalahan eksport dan import.
4. Why
Penerapan konsep eBusiness secara efektif memberikan keuntungan bagi
perusahaan karena banyaknya komponen biaya tinggi yanga dapat dihemat,
yang secara tidak langsung meningkatkan level pendapatannya. Dengan
mengimplementasikan eBusiness, perusahaan dapat melihat berbagai peluang
dan celah bisnis baru yang selama ini belum pernah ditawarkan kepada
masyarakat.
http://poetragans.blogspot.com/2010/10/pengertian-ruang-lingkup-jenis-proses-e.html
No comments:
Post a Comment